Lapor Pak Wali!!! Ada Bangunan Liar Bertahun-Tahun Tutup Jalan Umum. Camat Bilang Tidak Tahu!

By romeo 24 Mar 2021, 08:25:35 WIB Sekitar Kita
Lapor Pak Wali!!! Ada Bangunan Liar Bertahun-Tahun Tutup Jalan Umum. Camat Bilang Tidak Tahu!

Keterangan Gambar : Felix menunjukkan surat hasil pertemuan di kantor Lurah


MEDAN - Warga lingkungan 8, Jalan Jamin Ginting Gang Bersama, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru resah dengan berdirinya bangunan liar di jalan umum yang mengakibatkan banjir dan akses masuk warga kerumahnya terganggu. Ironisnya, bangunan liar ini seolah-olah mendapat "restu" dari pihak Kelurahan dan Kecamatan, Rabu  (24/3/2021). 

Menurut informasi, bangunan liar yang berdiri di jalan umum ini berada di Jalan Jamin Ginting Gang Bersama, Lingkungan 8, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru. Bangunan ini sudah bertahun-tahun berdiri disepanjang lebih kurang 100 meter. Akibatnya, akses warga menjadi tertutup dan rumah warga kerap mengalami banjir dikarenakan pembuangan air langsung ke belakang rumah warga. 

Warga yang resah akhirnya membuat surat pengaduan dan meminta pembongkaran bangunan liar tersebut. Namun hingga sekarang, bangunan liar tersebut masih tegak berdiri. 

Baca Lainnya :

"Dulu ini jalan bang, namanya Gang Bersama tembus hingga ke Jalan Titi Rantai Gang Bahagia. Rumah saya selama ini dikontrakkan jadi jarang di kontrol, jadi kemarin tahun 2016, kami menempati rumah ini. Ternyata telah dibangun bangunan liar diatas jalan," ujar salah seorang warga, Felix Firdaus Kaban kepada wartawan. 

Felix menambahkan, akibat berdirinya bangunan liar ini, akses masuk kedalam rumahnya terganggu dan kerap mengalami banjir. 

"Permasalahan ini sudah saya sampaikan ke pihak Kelurahan dan juga sudah kami surati camat. Dari pihak kelurahan kita sudah 2 kali melakukan pertemuan dan hasilnya mengatakan bahwa surat tanah pemilik bangunan ini melebihi bangunan ini dan menyalahi. Hal ini tertuang di Surat Nomor : 470/14 tanggal 27 Januari 2021," terangnya. 

Lalu, Felix berharap pihak pemerintah setempat seperti Kelurahan dan Kecamatan untuk segera membongkar bangunan liar yang sangat meresahkan warga tersebut. 

"Harapan saya disini kepada Pak Lurah dan Pak Camat, tolong bangunan ini segera dibongkar. Kemarin dari hasil pertemuan,  pemilik berjanji akan membongkar, tapi hingga sekarang bangunan ini tidak dibongkar. Jadi kemarin juga sudah dilakukan pengukuran langsung oleh Pak Lurah dan ini sudah menyalahi karena ini fasilitas umum. Disini bukan saya saja dirugikan, warga lainnya juga merasa keberatan," bebernya mengakhiri. 

Dilokasi terpisah, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Camat Medan Baru, Illyan Chandra Simbolon mengatakan bahwa belum dilakukannya pembongkaran dikarenakan masih menunggu kasus hukum di Polrestabes Medan. 

"Info dari lurah, yang bersangkutan membuat pengaduan pidana pengerusakan di Polrestabes Medan," ujarnya. 

Namun saat dipertanyakan tentang surat hasil pertemuan yang mengatakan bahwa bangunan liar tersebut menyalahi dikarenakan berada di fasilitas umum, ia berkilah belum tahu dan belum mendapat surat dari Kelurahan. 

"Saya belum dapat surat itu, coba nanti saya tanya. Tapi jika begitu, nanti akan kita Surati Satpol PP," kilahnya. (Rom)





Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment