Polres Tanah Karo Tangkap Bapak Tiri Pelaku Pencabulan

Editor: Redaksi1 author photo

TANAH KARO - Satreskrim Polres Tanah Karo berhasil menangkap pelaku pencabulan terhadap anak tiri berinisial NBS (39) warga Kecamatan Mardingding di Kabanjahe. 

"Hari ini kita merilis kasus tindak pidana persetubuhan yang dilakukan oleh seorang pria terhadap anaknya yang masih berusia 14 tahun," kata PLH Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan kepada wartawan. 

Dari hasil pemeriksaan, didapatkan informasi dari pelaku jika dirinya sudah melakukan aksi tersebut sejak tahun 2021 lalu. Saat melakukan aksinya, pelaku sempat mengancam korban jika korban berani melaporkan tindakan tersebut maka pelaku akan mengulangi aksinya.

"Ada juga pelaku mengancam korban, kalau memberitahukan aksinya tersebut, maka pelaku akan kembali melakukan hal yang sangat tidak dibenarkan tersebut kepadanya", katanya.

Pelaku diamankan siang tadi, Kamis (24/06/2024) sekira pukul 13.13 WIB, di JL. Veteran, depan gereja GBKP Kota Kabanjahe, tepatnya di stasiun mobil angkutan umum KT (Karya Transport).

Saat ini, pelaku sudah diamankan dan ditahan di RTP Polres Tanah Karo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pelaku akan dipersangkakan dengan pasal 81 ayat (1), ayat (3), dan pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) dari undang-undang RI nomor 17 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Dari undang-undang tersebut, pelaku akan dijerat hukuman kurungan penjara selama maksimal 15 tahun dan ditambah 1/3 dari ancaman pidana.

Terkait kasus yang sedang ditangani ini, Plh Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan menjaga anak anak mereka dari ancaman kejahatan seksual. 

"Kami mengharapkan peran aktif masyarakat dalam melaporkan setiap tindakan yang mencurigakan untuk mencegah terjadinya kasus serupa di masa mendatang," ujarnya. 

Selain itu, dirinya juga menekankan pentingnya peran orang tua dan keluarga dalam memberikan edukasi, mengenai kekerasan seksual kepada anak anak, agar mereka berani melaporkan jika mengalami atau mengetahui kejadian serupa. (Sinta)
Share:
Komentar

Berita Terkini