Ratusan Jurnalis dan LSM Se-Kabupaten Karo Lakukan Aksi Seribu Lilin di Tempat Terbakarnya Rico Sempurna Pasaribu dan Keluarga

Editor: Redaksi1 author photo

TANAH KARO - Ratusan Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Karo laksanakan aksi Seribu Lilin di Tempat Kejadian Perkara (TKP), meninggalnya wartawan Rico Sempurna Pasaribu atas insiden rumah yang terbakar pada tanggal 27 Juni 2024 lalu.

Atas aksi Seribu Lilin ini, tampak ratusan warga sekitar juga ikut menemani wartawan dan LSM.
Jalan Nabung Surbakti,
Pada Hari Rabu (3/7/2024) Pukul 20.00 wib s/d.

Adapun harapan-harapan yang dinyatakan pada aksi ini yaitu bahwa seluruh wartawan se-Kabupaten Karo meminta agar pihak Aparat Penegak Hukum (APH) agar mengungkap kasus kebakaran ini secara terang benerang.

Atas permintaan itu, dan berawal dari indikasi-indikasi atas meninggalnya sang wartawan Rico Sempurna Pasribu beserta istri, anak, dan cucunya.

Aly Munthe, S.H, Ketua Asosiasi Pewarta Pers Indonesia (A-PPI) Kabupaten Karo, mengatakan, agar pihak APH terkhusus Polres Tanah Karo dan Polda Sumut dapat mengusut tuntas kasus ini secara terangbenerang.

“Saya turut berduka cita atas meninggalnya rekan kita Rico Sempurna Pasaribu atas insiden kebakaran pada 27 Juni lalu, dan saya minta agar pihak APH dapat mengusut tuntas kasus ini secara terangbenerang.” kata Aly.

Ditempat yang sama Ketua Persatuan Jurnalis Tanah Karo (PJTK) Kabupaten Karo, Amry Sembiring, mengatakan, atas aksi solidaritas ini karena keluarga beserta Almarhum adalah keluarga kita.

“Saya harap pihak APH mengusut tuntas kasus ini dan juga atas aksi solidaritas ini karna keluarga beserta Almarhum adalah keluarga kita. Dan kedepannya ini dapat membuka mata hati khususnya insan Pers agar terbuka pintu hatinya” ujar Amry.

Selanjutnya, Serikat Media Siber Indonesia (SBSI) Kabupaten Karo, Maliki, mengatakan, satukan barisan perjuangan kita, ini contoh bukti keseriusan kita dalam mengungkap kasus ini.
“Kita Komitmen kasus ini segera terungkap dan kasus ini harus kita kawal sampai terang benerang.” ujar Maliki.

Selanjutnya juga masih ditempat yang sama, Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Karo, Ringo Sebayang, mengatakan, ” Saya meminta agar pihak APH dapat mengusut tuntas kasus ini, dan saya harap rekan semua dapat mengawal kasus ini” ujar Ringo Bayang.

“Saya harap atas sebab dan penyebab insiden ini dapat terungkap, kami mendukung pihak APH komitmen dan dalam penanganan kasus ini” katanya.

Tidak lupa Dewan Pimpinan Cabang Lembaga Swadaya Masyarakat (DPC-LSM) Perintis Kabupaten Karo, Bastanta Barus, mengatakan, kasus ini harus terungkap secara terang benderang.

Selaku Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia (LSM KCBI) Kabupaten Karo, Rudi Surbakti juga turut berdukacita atas berpulangnya keluarga kita jurnalis senior Rico Sempurna Pasaribu,"Ujarnya.

“Atas berpulangnya keluarga kita ini, kalo memang ada kejanggalan atas kejadian terbakarnya rumah keluarga kita Rico Sempurna Pasaribu beserta keluarga, maka dengan ini kami LSM KCBI meminta agar APH agar mengusut tuntas insiden kebakaran ini,"Ucap Rudi Surbakti.

Atas aksi Seribu Lilin tersebut, Liber Pasaribu,adik kandung dari Alm. Rico Sempurna Pasaribu, mengatakan, saya mengucapkan terimakasih pada rekan-rekan juang abang saya dalam acara penyerahan Seribu Lilin.

“Saya berharap tetap lanjutkan perjuangan abangnda, secara kritis di Tanah Karo agar kedepannya kasus ini dapat terungkap",kata Liber.

Tambahnya “Saya berharap agar pihak APH dapat mengusut tuntas kasus insiden kebakaran yang menimpa keluarga abang saya secara terang benderang",harap Liber.

Disaat akhir kegiatan aksi seribu lilin di lokasi tersebut, seluruh Jurnalis dan LSM yang hadir juga laksanakan Doa bersama menurut agama masing-masing guna kepergian Alm.Sempurna Pasaribu dan Keluarga agar arwah mereka diterima di sisi TYM.

Aksi seribu lilin dihadir para rekan rekan jurnalis, reporter, media elektronik, media cetak,media Online dan Lembaga Lembaga LSM se-kabupaten Karo. (Abet) 
Share:
Komentar

Berita Terkini